UPTD Metrologi Kota Manado melayani kegiatan tera/tera ulang (kalibrasi) dari berbagai alat ukur, takar, timbang, beserta perlengkapannya (UTTP) di wilayah kota Manado.

Untuk mendapatkan pelayanan  di UPTD Metrologi Kota Manado, UTTP yang akan di tera/tera ulang (kalibrasi) diharapkan dapat memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

  1. UTTP yang dimaksud menggunakan SI (Satuan Internasional), mengingat SI adalah sistem satuan satu-satunya yang diakui di wilayah Indonesia.
  2. UTTP yang dimaksud berada dalam kondisi yang baik dan layak pakai.
  3. UTTP yang dimaksud telah memiliki Tanda Ijin Tipe yang dikeluarkan oleh Direktorat Metrologi.

UTTP yang dapat dilayani oleh UPTD Metrologi Kota Manado meliputi:

  1. Alat ukur bobot atau massa, contohnya timbangan elektronik dan mekanik.
  2. Alat ukur dimensi atau jarak, contohnya roll meter, stick meter, dan depth stick.
  3. Alat ukur volume, contohnya takaran, bejana ukur, pompa ukur BBM, tangki ukur mobil (TUM), dan meter air.
  4. Alat ukur suhu dan kadar air, contohnya thermometer dan tester kadar air.
  5. Alat ukur daya listrik, contohnya kWh meter.
  6. Alat ukur tekanan, contohnya pressure gauge.

Untuk mendapatkan pelayanan dari personel kami, anda dapat melakukan salah satu dari dua hal dibawah ini:

  1. Jika memungkinkan, anda dapat membawa UTTP milik anda ke kantor kami untuk mendapatkan pelayanan langsung.
  2. Jika tidak memungkinkan, anda dapat mengajukan permohonan tera/tera ulang (Kalibrasi) di tempat pakai dengan mengajukan Surat Permohonan Tera/Tera Ulang (Kalibrasi) langsung ke alamat kantor kami, atau melalui Email. Contoh surat permohonan kalibrasi dapat di download di sini: Surat_PermohonanTeraKalibrasi

Anda dapat menghubungi kami melalui alamat:

UPTD Metrologi Kota Manado

Jl. Pomorouw No. 62, Teling, Manado

Email: metrologimanado@yahoo.com

Melalui Bidang Perlindungan Konsumen (PK), Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kota Manado membuka layanan pengaduan konsumen bagi semua anggota masyarakat  yang merasa memerlukan.

Pengaduan konsumen yang dapat dilayani oleh bidang Perlindungan Konsumen memiliki kriteria sebagai berikut:

  1. Aduan dari konsumen yang memiliki bukti atas transaksi yang terjadi. Bukti transaksi yang dimaksud contohnya: Struk/nota belanja dan purchase invoice.
  2. Jika terdapat bukti fisik atas aduannya, akan sangat membantu proses yang berjalan.
  3. Konsumen yang mengajukan aduan memiliki identitas jelas, bisa dengan mudah dihubungi, dan sanggup mengikuti keseluruhan proses pencarian fakta atas aduannya.

Bagi anggota masyarakat yang merasa memerlukan, layanan pengaduan konsumen dapat diperoleh dengan langsung mendatangi kantor kami, dan atau mengisi formulir aduan online yang terdapat di bawah ini.

Silahkan mengisi formulir yang ada mengenai keluhan anda. Formulir yang tidak lengkap, tidak benar, dan tidak diisi dengan baik, tidak akan dilayani.